SELAMAT DATANG - di BLOG KasKus Regional Lampung, silahkan baca artikel tentang dan seputar KasKus Regional Lampung. Simak juga agenda acara, event dan juga rangkuman hasil kegiatan teman-teman KasKus Regional di blog ini. Selamat membaca

Tuesday, January 10, 2012

KasKus Lampung Barat

Posted by Unknown On 6:37 PM 2 comments


Siapa yang gak kenal Lampung Barat? Yup salah satu daerah di Lampung yang mempunyai keindahan alam yang sudah mendunia. Sebut saja Pantai Tanjung Setia di daerah Krui yang belum lama kemarin di dokumentasikan dan juga difilmkan yang menceritakan tentang seorang peselancar. Anyway bukan itu yang mau kita bahas. Ini tentang KasKus Lampung Barat.

Setelah ditelusuri beberapa waktu yang lalu ternyata amat jarang Kaskuser dari Lampung Barat yang bergabung di Regional Lampung dan juga karena belum ada thread yang mengakomodir mungkin karena itu pula para Kaskuser dari Lampung Barat menjadi sepi. Maka dengan itu tercetuslah satu ide yang dikomandoi oleh Aleydref guna  mencoba untuk membuat Thread khusus agar para Kaskuser dari Lampung Barat dapat bergabung bersama dan agar dapat saling kenal antara satu dengan yang lainnya.

Thread inipun kini berjalan dengan baik meskipun terkadang masih terlihat sepi. Berikut merupakan Sejarah Lampung Barat :

Kabupaten Lampug Barat adalah salah satu pemekaran dari Lampung Utara, yang ber Ibukota di Liwa. Pemilihan Liwa sebagai ibu kota Kabupaten Lampung Barat memang tepat. Beberapa alasan memperkuat pernyataan ini adalah :

1. Tempatnya strategis karena berada di tengah-tengah wilayah Lampung Barat, sehingga untuk melakukan pengawasan terhadap seluruh daerah Lampung Barat oleh pemerintah kabupaten akan relatif efektif

2. Liwa merupakan persimpangan lalu lintas jalan darat dari berbagai arah yaitu Sumatra Selatan, Bengkulu, dan Lampung sendiri Tentang asal-usul nama Liwa, menurut cerita orang, berasal dari kata-kata "meli iwa" (bahasa Lampung), artinya membeli ikan. Konon dahulunya Liwa merupakan daerah yang subur, persawahan yang luas, sehingga hasil pertaniannya melimpah. Liwa juga nama salah satu marga dari 84 marga di Lampung

info lebih lengkap tentang Lampung Barat http://lampungbarat.go.id/

Lambang Lampung Barat
 
Perisai bersudut 5 (lima)
Menggambarkan bahwa masyarakat Lampung Barat sanggup mempertahankan cita-cita bangsa Indonesia dan melanjutkan pembangunan serta memajukan daerah berdasarkan Pancasila.

Siger
(TopiAdat Khas Lampung Barat)
Menggambarkan masyarakat yang mempunyai 4 (empat) PAKSI atau BUAY (Kelompok Adat), yaitu Buay Perenong, Buay Belunguh, Buay Jalang Diway dan Buay Nyerupa.

Pita berbentuk pintu gerbang bertuliskan “Lampung Barat” dalam aksara Lampung Berwarna putih, menggambarkan masyarakat asli adalah masyarakat Lampung yang siap menerima kedatangan masyarakat pendatang dan bekerjasama dalam membangun daerah.

Jumlah biji kopi 24 buah, dengan daun 9 lember serta biji padi 91 butir, menggambarkan peresmian Kabupaten Lampung Barat pada tanggal 24 September 1991

Bambu buntu beruas 5 ( lima), menggambarkan kabupaten lampung barat merupakan daerah tingkat II yang ke-Lima keberadaannya di Provinsi Lampung.

Perisai kecil yang didalamnya terdapat pegunungan, daun dan air, menggambarkan bahwa wilayah lampung barat merupakan dataran tinggi yang terdiri dari hutan lindung dan pertanian.

Air dengan 6 (enam) Alur, melambangkan bagian barat merupakan daerah pantai samudra Hindia dan disahkan sebagai kabupaten berdasarkan UU no 6/1991, juga melambangkan enam tatanan adat masyarakat asli.

Keris dan tombak, melambangkan senjata asli masyarakat yang dipergunakan untuk membela diri dari berbagai ancaman.

2 comments:

Salam dari Kaskuser & Backpacker Lampung Barat gan :D

Post a Comment